Perayaan Idul Adha di MAN 14 Jakarta

(Jum’at,26/10). Tahun ini ada sesuatu yang berbeda pada perayaan Idul Adha atau hari raya Qurban di MAN 14 Jakarta. Untuk pertama kalinya MAN 14 Jakarta mengadakan shalat Idul Adha yang bertempat di masjid yang baru saja diresmikan bulan Juni 2012 lalu, yaitu masjid Khalid Bin Walid yang dilaksanakan pada pukul 06.45 WIB. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama pengurus masjid Khalid Bin Walid dengan panitia Idul Adha yang dibantu oleh pengurus OSIS dan ISC (Islamic Study Club). Selain dihadiri oleh hampir seluruh siswa/I dan guru serta karyawan MAN 14 Jakarta, shalat ‘Ied ini juga dihadiri oleh masyarakat sekitar lingkungan sekolah yang untuk pertama kalinya pula mengikuti shalat ‘Ied di masjid Khalid Bin Walid.

          Selaku Imam shalat ‘Ied yaitu Ustad Hasanudin, S.PdI, sedangkan khatib Ustad Muhammad Muhajir, S.PdI. Kegiatan shalat ini dipandu oleh MC Ustad Nur Adi Udin, S.Ag dan bilal Saudara Priyo Agung, S.Pd. Dalam khutbahnya, Ustad Muhajir menyampaikan bahwa kita sebagai umat Islam tidak boleh terlena dan serakah terhadap harta yang kita miliki, tetapi sebaliknya harus mau berbagi kepada sesama dengan cara berqurban dalam rangka ibadah kepada Allah dan peduli sesama. Shalat ‘Ied selesai pada pukul 07.30 WIB.

          Pada pemotongan hewan qurban tahun ini, MAN 14 Jakarta berhasil mengumpulkan dana dari sumbangan siswa dan guru yang digunakan untuk pembelian 2 ekor sapi. Selain itu juga ada 1 ekor kambing qurban dari Ibu Hj. Aty Sholehaty, M.Pd, kepala MAN 14 Jakarta. Pemotongan hewan qurban dimulai pada pukul 8.30 pagi yang diawali dengan penyembelihan sapi pertama oleh Ustad H. Mushlih Firdaus, dan sapi kedua oleh Ustad M. Yasin yang keduanya merupakan guru MAN 14 Jakarta. Setelah itu dilanjutkan dengan penyembelihan kambing yang selanjutnya pengolahan hewan qurban agar siap dibagikan kepada yang berhak.

          Bapak Asmad Ghozali, selaku ketua panitia pemotongan hewan qurban mengatakan, daging qurban yang sudah diolah dibagi menjadi 300 bungkus yang kemudian akan dibagikan kepada siswa/I serta warga masyarakat yang berhak menerima di lingkungan sekitar MAN 14 Jakarta. Walaupun pada akhir kegiatan sempat diguyur hujan, namun kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar tanpa hambatan yang berarti. Lili/rafli/fidha

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: